Penjelasan Iman Kepada Hari Akhir

Kehidupan seluruh manusia di jagat raya ini kelak akan berakhir. Semua alam raya, bintang-bintang di langit akan meredup, deburan ombak berhenti, gunung-gunung hancur, dan alam luluh luntak. Pada saat itulah, manusia akan dibangkitkan dan harus mempertanggungjawabkan semua perbuatannya di dunia. Kita pasti pernah melihat dalam tayangan televisi tentang meletusnyagunung berapi atau gempa bumi yang sangat dahsyat memporak-porandakan dan meliiluh lantakkan bangunan atau merusak alam sekitamya.

Penjelasan Iman Kepada Hari Akhir


Hari kiamat/hari akhir adalah suatu peristiwa luar biasa yang akan teijadi di mana seluruh makhluk, termasuk manusia akan dimatikan kemudian hidup dan dibangkitkan kembali. Menurut bahasa, kiamat memiliki dua arti yaitu kebangkitan dan akhir. Sedangkan menurut istilah, kiamat berarti hari kebangkitan manusia di alam kubur ke alam akhirat untuk menerima pengadilan dari Allah SWT. atau hari saat berakhimya alam semesta dan seisinya.

Jadi beriman kepada hari kiamat adalah meyakini dengan sungguh-sungguh bahwa suatu saat nanti alam semesta dan semua isinya ini akan berakhir dan manusia akan dibangkitkan untuk mempertanggungjawabkan segala amal perbuatannya di hadapan Allah SWT. Allah SWT. menerangkan kepastian adanya hari kiamat di dalam Al-Qur'an Surah al-Hajj ayat 7.




وَأَنَّ السَّاعَةَ آتِيَةٌ لَا رَيْبَ فِيهَا وَأَنَّ اللَّهَ يَبْعَثُ مَنْ فِي الْقُبُورِ

wa-anna alssaa'ata aatiyatun laa rayba fiihaa wa-anna allaaha yab'atsu man fii alqubuuri

 "dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur".



Alhamdulillah.. Itulah pembahasan kita kali ini, semoga postingan ini dapat menambah wawasan kita semua. Dan setelah membaca artikel ini, pengetahuan sobat semakin bertambah, silakan tinggalkan komentar sobat di kolom komentar. :)

Click to comment