Tips Agar THR Tidak Habis Begitu Saja, Berikut Tips yang Harus Kamu Lakukan

berkaspengetahuan.com - Tidak terasa bulan Ramadan tinggal beberapa hari lagi. Walaupun begitu, banyak orang yang tidak sabar menantikan datangnya hari lebaran.

Selain menanti kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga, bagi para pekerja, Tunjangan Hari Raya (THR) menjadi salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu jelang lebaran.

THR bisa diibaratkan sebagai rezeki dadakan. Jika kita tidak pintar mengaturnya, maka semakin cepat pula rezeki itu menghilang sia-sia.


Tips Agar THR Tidak Habis Begitu Saja


Nah supaya tidak cepat habis, seperti dilansir tribunnews.com. Menurut Tejasari CFP dari Independent Financial Planner dari QM Financial, cobalah kelola secara rapi pengeluaranmu selama bulan Ramadan dan momen menjelang lebaran.

Tejasari mengungkapkan, supaya lebih mudah untuk mengelola THR, pisahkan alokasi dana THR untuk berbagai keperluan seperti:

Zakat


Sudah menjadi kewajiban kita untuk menyisihkan sebagian uang dari penghasilan untuk dizakatkan. Begitu mendapatkan THR, segeralah sisihkan uang kamu untuk keperluan zakat fitrah.

THR


Selain mendapatkan THR, kita juga punya kewajiban memberikan THR kepada tanggungan kita, seperti asisten rumah tangga (ART), sopir, tukang kebun, satpam, hingga saudara terdekat kita seperti orangtua, adik, sepupu, dan keponakan.

Pengeluaran Rutin Bulanan


Supaya uang THR tetap aman, jangan lupa alokasikan THR yang kamu terima untuk keperluan rutin bulanan seperti membayar cicilan kartu kredit, tagihan BPJS, tagihan listrik dan telepon, serta tagihan lainnya.

Selain itu, sisihkan juga keperluan untuk sahur dan berbuka, baik bersama keluarga, teman kantor, dan teman dekatmu.

Mudik


Alokasikanlah dana THR yang ada untuk biaya mudik, baik untuk membeli tiket kereta, bus, atau pesawat terbang. Sisihkan juga uang yang ada untuk biaya konsumsi selama perjalanan sampai oleh-oleh bagi sanak saudara di kampung halaman.

Kue dan Baju Lebaran


Kue dan baju lebaran selalu jadi pengeluaran rutin kita setiap datangnya hari lebaran. Karena budget untuk keperluan ini sangatlah besar, pintar-pintarlah memilih agar uang yang kamu habiskan sesuai dengan budget yang ada.

Satu hal lagi, agar lebih mudah membeli dan membayar semua kebutuhan menjelang lebaran, alangkah bijaknya jika kita memanfaatkan berbagai situs marketplace di Indonesia, salah satunya Tokopedia. Dimulai dari Tokopedia, kita bisa membeli dan membayar semua kebutuhan jelang lebaran, mulai dari baju lebaran, gadget baru, parcel, isi pulsa, beli tiket kereta, bayar tagihan listrik, BPJS, hingga berbagai tagihan lainnya.

Selain mendapatkan banyak kemudahan dalam memenuhi kebutuhan, kamu juga bisa menikmati berbagai Promo Tokopedia untuk keperluan Lebaran. Misalnya, jika kamu membeli dan membayar keperluan melalui aplikasi Android/iOS Tokopedia, kamu berkesempatan untuk memenangkan 1 unit MINI Cooper, 10 Vespa Piaggio, 100 Samsung Galaxy S8, dan Gift Card TokoCash senilai Rp500.000.

Semakin sering bertransaksi, semakin besar juga kesempatanmu untuk memenangkan hadiahnya. Serunya lagi, kamu bisa ikutan promo undian ini tanpa harus memasukkan kode voucher dan tanpa minimum pembelian.

Oyah, kamu juga tak perlu khawatir soal ongkos kirim (ongkir), karena Tokopedia menyediakan layanan gratis ongkir hingga Rp35.000 dengan menggunakan kode voucher GRATISONGKIR bagi kamu yang berbelanja minimum Rp200.000.

Dengan kemudahan dan beragam promo menariknya, Tokopedia membuat kamu bisa berbelanja keperluan lebaran lebih hemat dan praktis. Dan yang paling penting, THR kamu pun jadi tak cepat habis begitu saja.

source : www.tribunnews.com

Click to comment